Jangan Sekali-kali Meninggalkan Shalat

Assalamu’alaikum wr. wb.

Alhamdulillah alhamdulillahirabbil’alamin, wabihinasta’in, wa’ala umridun ya wad din, wassholatu wassalamu’ala asrafil ambiyai, wamursalin, wa’ala alihi washahbihi ajma’in ‘ama ba’du.

Segala puji bagi Allah SWT, yang begitu banyak memberikan kita kenikmatan, terutama nikman iman, islam dan nikmat kesehatan.

Shalawat dan salam tercurahkan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari jaman kegelapan, kejalan yang terang bederang, dan membawa kita kejalan yang benar.

Yang terhormat, guru pembimbing muhadarah pada hari ini, dan kawan-kawanku semua yang Inshaa Allah diridhai dan dirahmati oleh Allah SWT. Aamiin. Pada kesempatan ini, saya ingin berceramah yang bertema “Pentingnya Shalat”.

Shalat hukumnya wajib,bagi setiap orang islam yang telah memenuhi sarat, Baik laki laki maupun perempuan ,terkecuali orang gila, anak kecil yang  belum balik, dan wanita yang sedang haid dan nifas.Shalat juga merupakan tugas bagi setiap umat islam yang adadi dunia ini,dan juga merupakan tiyang agama,Setiap rumah yang tidak memiliki tiang maka rumah itu akan roboh

Perintah shalat sendiri merupakan peritah langsung dari Allah SWT kepada nabi muhamad SAW. Hal ini seperti yang dituangkan dalam Al Qu’an, yang artinya: maka dirikanlah shalat, sesunggunya shalat itu adalah kewajiban yang ditetukan waktunya ,atas orang orang yang beriman (QS.AN-Nisa :103)

Teman-temanku yang dirahmati oleh Allah SWT.

Begitu pentingnya Rasul menegaskan kalu pembeda antara muslim dan kafir adalah shalat. Hal ini seperti yang tertuang dalam haditsnya, yang artinya: Dari Jabir RA. Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Batasan antara seorang muslim dan kafir adalah meninggalkan shalat”(HR Muslim).

Adapun dosa-dosa meninggalkan shalat.

Meninggalkan shalat fardhu itu hukumnya berdosa, dosanya dosa besar, diantaranya adalah:

  1. Satu kali meninggalkan shalat subuh, dosanya itu sama saja seperti masuk neraka selama diakhirat, itu baru diakhirat, bahkan sama saja masuk neraka selama 6000 tahun didunia.

  2. Satu kali meninggalkan shalat dzuhur, dosanya itu sama saja seperti membunuh 1000 umat islam.

  3. Satu kali meninggalkan shalat ashar, dosanya itu sama saja seperti menghancurkan ka’bah.

  4. Satu kali meninggalkan shalat maghrib, dosanya itu sama saja sepertiberzina dengan orangtua kita sendiri.

  5. Satu kali meninggalkan shalat isya, dosanya itu sama saja seperti selama hidupnya dan apa saja yang dia lakukan didunia tidak diridhai oleh Allah SWT.

User Rating: Be the first one !

Check Also

Adab bertamu dalam Islam

Berkunjung ke rumah orang dengan niat yang baik. Untuk bertamu, sebagaiknya luruskan niat terlebih dahulu. Misalnya …